BOHONG !

Standard

Apa,Siapa,Kenapa, Dimana, Mengapa dan Bagaimana BOHONG?

Waktu kecil, papa dan mama selalu mengajarkan, BOHONG itu dosa, tidak boleh dilakukan, jahat, nanti orang tidak lagi percaya…… Walau kemudian ketahuan orangtua sering membohongi anaknya. Saat jadi orangtua, manusia juga belajar bahwa berbohong pada anak itu memang perlu.

Bohong menurut wikipedia : pernyataan yang salah dibuat oleh seseorang dengan tujuan pendengar percaya. Kalau bohong itu salah, kenapa musti didefinisi?

Bohong ada dua jenis, Bohong Putih, yang katanya kadang perlu dilakukan, dan Bohong biasa (kenapa nga ada Bohong Item? Biar nga rasis kali ya). Tapi kalau bohong seharusnya jahat, kenapa sampai perlu diwarnai segala. Sesuatu yang mestinya abstrak, jadi ada warnanya.

Artikel menarik soal Bohong dari bbc :

http://www.bbc.co.uk/religion/ethics/lying/lying_1.shtml

Kalau memang bohong itu bukan kebenaran, kenapa ada dalam berita?

Apakah bohong itu berbahaya? Buktinya nga ada orang yang dipenjara karena Didakwa berbohong saja. Orang dipenjara karena komplikasi Bohong, bukan karena Bohong sendiri.

Kesimpulan yang jelas : Bohong itu ada, diyakini dan dibenarkan eksistensinya, walau jelas bukan kebenaran, dan juga tidak berbahaya, selama TIDAK KETAHUAN BOHONG-nya.

"A lie gets halfway around the world before the truth has a chance to get its pants on."
– Sir Winston Churchill (1874-1965)

Advertisements

2 thoughts on “BOHONG !

  1. Baru kemaren bahas sama Mas Mu kalo gw suka susah bohong secara refleks. Padahal kadang2 bohong itu perlu buat “ngusir” orang yg usil pengen tau urusan kita. Dasar gwnya yg naif hehehe.
    Supaya ga bohong caranya ya… NGE-LES dong… :p

    Like

  2. Ya itulah Vic, selama ini gue berusaha selalu jujur, eh malah dituduh bohong (dulu ama mantan bos yang langsung ilang derajat di mata gue). Yang paling nyebelin adalah, karena kita yang selalu berupaya jujur, dianggap Naif dan lugu, dan suka dianggap mudah dibohongi. Banyak tuh yang mencoba membohongi, tapi langsung ketahuan bohongnya, emangngnya orang jujur itu BEGO kali ya(pikir mereka)?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s