WC Verboden !!

Standard

Seperti biasa, jam 11.30 setiap harinya aku pergi ke WC buat ‘bongkar muatan’. Kali ini, di depan WC, tampak kereta gerobak dorong milik cleaning-lady (selanjutnya disingkat BCL-Bu Cleaning Lady). OK, mungkin WC lagi dibersihin, pikirku, (which is agak aneh karena gue selalu ke WC di lantai gue jam yang sama tiap hari dan biasanya ngga pernah jam segini ada jadwal pembersihan.)

Setelah celinguk ke dalam WC, nampak seorang gadis sedang cuci tangan di wastafel, sementara 2 BCL ada di luar lagi ngobrol-ngobrol. Ok, aku pikir, berarti bersihinnya udah selesai, lagian ngga ada tanda apa-apa, dan melangkahlah aku dengan tenang kedalam WC. Tiba-tiba, salah satu BCL nyahut ” Hei, Hei, Ik heb dat schoongemaakt! Ga naar beneden !” (yang artinya : Hei, hei, saya baru bersihin! Turun ke bawah !) HAH???

 

Gue langsung bengong? Bukan gue ngga ngarti apa yang diomongin, cuma karena gue ngga ngarti rasionalisasi dia, lha emang kenapa kalau baru dibersihin, ngga boleh dipake gitu? Sampai kapan?  Lha, kalau emang ngga boleh dipakai, kenapa ada cewe yang cuci tangan dan ngga ada tanda bahwa kita ngga boleh masuk !

Saking  BTnya, gue batal mencet tombol lift, memilih tahan pipis dan balik ke ruangan dan ngomel2 ama temen sekantor.  Temen gue berusaha merasionalisasi ” Ya gue bisa bayangin, kan kesel kalau baru dibersihin udah dipake lagi..” Tetep menurut gue ngga masuk akal, lha, sama aja kan kalau 1 jam kemudian ada orang yang pakai, namanya juga WC, dibersihin kan buat membersihkan kotoran sebelumnya, biar ngga numpuk ama kotoran berikutnya?? Lha, kalau gara-gara gitu ada yang kencing di celana ?!?!

Tambah BT, langsung buka Facebook dan ganti status jadi : “Grace is bingung, kenapa dia ngga boleh pake toilet yang baru dibersihin, lha apa bedanya ama sejam kemudian? Belanda aneh !!”. Langsung dikomentarin ama Mbak Ria, yah kali aja WC-nya baru dibersihin ama Amoniak, jadi berbahaya kalau dipake. Masuk akal sih, cuma gue tetep ngga bisa terima, soalnya, pertama tadi ngga cium bau amoniak, kedua kalau bahaya kenapa cewe itu bisa cuci tangan, ketiga kalau emang iya bahaya seharusnya dia pasang tanda dong, atau bersihinnya pas kita lagi ngga di gedung, bukan jam kerja, dan jam sibuk dimana orang-orang pada kebelet ! Gue juga bersihin toilet dan kamar mandi gue di rumah, dan, yah abis itu gue pakai lagi, masa ngga ke WC ?

Setelah ngga bisa mikir selama 10 menit, gue nekad pergi lagi ke WC ! Ah sial, si BCL masih ada di ruangan di depan WC, ngobrol dan ketawa2 (hemm…), langsung balik badan, dan pergi lagi ke ruangan…. Temen gue nanya, “Kenapa, everything OK? Udah bisa pake Toilet?”. “Nothing happened and No, the cleaning lady is still there !”. BT lagi melototin komputer.

5 menit kemudian, usaha ketiga ke WC….. Yups, the BCLs is gone ! Masuk WC dan unloading….. Oh yeah….. Gue melihat tanda2 bahwa WC itu pernah dipake orang sebelum gue (setelah tadi dibersihin ama BCL), so…………kesimpulan : SIAL  AJA GUE ! Bad timing !

Abis lunch, temen gue yang ngeliat mungkin gue BT banget, nanya lagi secara becanda, “gimana urusan lu ama Cleaning lady?”. Hahahaha…. karena gue udah lega abis pipis, gue bisa bilang : “It’s over..” LOL.

Hikmah dari kejadian ini adalah gue inget ama nyokap di rumah. Kalau dulu suka disuruh bersih-bersih, gue suka bilang : ngapain dibersihin? entar juga kotor lagi? Nyokap suka bales: kalo gitu ngapain makan? Entar juga laper lagi !

Gue juga jadi mikir apakah gue salah marah-marah ama BCL? Bersih2, makan adalah kegiatan kecil rutin yang selalu gue lakukan tiap hari, dan kadang mungkin gue ngga lagi nyadar, apa sih makna dari ngelakuin hal-hal itu. That’s routine, nothing special… although mungkin buat BCL-BCL gue, hal itu berarti banget, karena ya itu kerjaan mereka. Dan gue dianggap ngga menghargai mereka karena tidak membiarkan hasil kerja dia bertahan lama. But… no, gue masih ngga ngarti jalan pikiran mereka. Kenapa mereka ngga berpikir bahwa mereka bersihin WC itu buat kebersihan jangka panjang semua orang, dan bukan asal WC-nya biar mengkilat? Bahwa WC dibersihin supaya bakteri ngga numpuk dan berkembang biak, dan bisa berfungsi dengan baik sebagai WC !  Bahwa dengan kita bisa make WC itu dengan senang, semua sehat adalah penghargaan yang lebih tinggi buat hasil kerja dia.

Well…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s